Kenangan Berfoto di Paris-Prancis

November 15, 2021


Pengumuman kecil, akhirnya bikin IG juga, tempat saya menaruh foto-foto yang masih terselamatkan saat tinggal di Paris dan Prancis (thanks to tragedi leptop tewas).

Alamat IG nya : je_parisienne. Isinya mungkin nggak banyak karena dulu belum sepenuhnya suka foto-foto, lebih banyak merekam dalam memori ingatan atau tulisan. Bagi yang mau intip dan follow silahkan. Nanti di folbek.


Saya memilih media hitam putih karena terpengaruh oleh stylenya Henry Cartier-Bresson, fotografer Prancis, yang banyak bermain di area monokrom. Tentu saja kualitas dan jaman kita beda, kawaan. Wkwk. Tapi lumayanlah.

Ada godaan besar untuk post foto yang ada orang-orang yang saya kenal, tapi berhubung belum mengantongi model release...ya sudahlah. Beberapa kawan juga sudah mengalami evolusi dalam hal fashion 'n style, merasa keberatan bila foto lama beredar. Saya hormati, dong. 😅

Bisa saja, sih, saya main crop karya foto alastyle orang-orang Korea, yang tanpa wajah. Tapi setelah di crop kok temanya malah horror karena gaya black and white. 😱 Jadi saya pupuskan sudah harapan, daripada disangka lagi bahas film Psycho-nya Alfred Hitchock! Lol.

Bicara foto saat di Paris, saya punya kenalan yang foto-fotonya aduhai bagus banget padahal modalnya cuma kamera poket. Nice banget. Dan dia banyak sekali menghasilkan foto cakep. Karena sering hunting, dia suka bawa kamera kemana-mana, sementara saya bawanya buku tour guide sejarah di tangan. Jadi nerd memang ada kerugian tersediri, sih.


Harusnya macam saya punya kang foto pribadi saat ada disana.🤣 Sayangnya, kawan-kawan di sekitar, kebanyakan punya spesialisasi tersendiri dalam mengambil dokumentasi, yaitu jurus potong-memotong. Dan yang kepotong separuh pasti bangunan atau landscape incaran di belakang saya! Sisi positifnya mereka memang fokusnya di saya sebagai episenter sih. Tapi..tapi kaaan..😶

Saya kadang suka nekad minta tolong orang lain (yang bukan copet) untuk bantu moto-moto. Mereka juga ada yang spesialisasinya potong-memotong. Berdasar pengalaman, yang paling pintar memfoto adalah turis dari Jepang. Mereka sangat presisi dan estetik kalau bikin foto. Suka banget! Sayang untung-untungan kalau ketemu para Nihon-jin di Paris. Hahaha.

Kemudian saya juga pernah banyak foto-foto di Catacomb de Paris. Kok suasananya baru terasa horror begitu ya sekarang, apalagi kalau dijadikan hitam putih. Baru nyadar dulu nekad benar saya bolak-balik jadi turis dan tour guide lokal disana! Kalau ada yang naksir lalu ngikut gimanaa?


Foto-foto di menara Eiffel sudah jadi rutinitas saat mengantar orang atau meeting point dengan kawan. Wah, jangan tanya, deh, yang namanya sosok menara Eiffel sudah di abuse habis-habisan dengan berbagai gaya oleh kawan-kawan. Ada yang seolah mau di palu, lalu tiba-tiba ada UFO, berbaring ala Cleopatra, pakai blangkon, dsb. Mungkin madame Eiffel-nya sendiri sampai keluar keringat, melihat kelakuan para udik. Bisa nggak mereka tuh di tiup aja biar terbang jauh, nggak mengganggu kecantikan gue? Tolong.😑

Moga-moga saya bisa menemukan harta karun foto yang lebih banyak lagi, atau tiba-tiba saja ada teman yang menyumbang foto (fakir foto - mode).

A plus!

You Might Also Like

10 comments

  1. hihihi... seruuu!
    mau dong lihat foto-foto yang ada teh phebs di dalam fotonya, dan ga diblur :D

    anyway, foto bwnya meunaarix, apalagi yang foto kuda, chakepss

    BalasHapus
  2. Fotografer mah kudu diuar fotonya semua.🤣 Terima kasih.

    BalasHapus
  3. hahahaha...iya jg sih tp boleh lah sekali kali, yak kan?

    BalasHapus
  4. aku malah belum pernah ke Paris.. 😅

    BalasHapus
  5. Semoga suatu hari bisa kesana ya

    BalasHapus
  6. Hahaha, aku ngakak baca gaya2 orang foto di depan menara eifel 😂. Sama kaya ormg foto di menara pissa, atau london bridge, pasti gayany heboh2 semua.. 😆😂

    BalasHapus
  7. Memang kelakuan nggak ketolong....:))

    BalasHapus
  8. Eh komenku masuk ga ya sbnrnya mba 🤣. Tiap komen LGS hilang soalnya 😅.

    Duuuuh catacomb, aku pengeeeeeen ksanaaaaa. Sebenernya kalo ntr ke Paris, tujuan utama itu catacomb. Aku ga tertarik yg lain. Pas baca sejarahnya LGS kepengin dan musti datang ❤️. Kan memang suka yg rada2 spooky gitu 😁.

    Akupun kalo foto justru sebisa mungkin jgn sampe kepotong viewnya. Objek utama(aku) ga terlalu kliatan, GPP 🤣.

    BalasHapus
  9. Maaf mba Fanny nggak ilang sebetulnya, lagi masuk ke kantung moderasi..😅

    Hahaha...Eiffelnya nggak mba? Paris setahun saja masih bnyk tempat aneh2 bnyk secretnya..kl mau spooky ada museum sihir, lalu jantung anaknya Maria Antoinette di Saint Denise... utk urban legend ada kota tua bawah tanah Paris masuk dari tempat rahasia tp itu forbidden..kalau ketangkep pulisi lbh spooky lagi🤣

    BalasHapus

Tiada kesan tanpa pesan, mari tinggalkan jejakmu di sini!^^ (komentar akan di moderasi dulu)